pergi pasarbeli kiwi, jangan lupa beli sisr, kalau ingin menjadi pandai, maka rajinlah belajar

Jumat, 19 Oktober 2012

Makna Sumpah Pemuda


Sebelum menuju makna dari sumpah pemuda ini, saya akan mereview kembali tentang apa itu sumpah pemuda dan isinya. Seperti yang kita ketahui , setiap tanggal 28 Oktober kita selalu merayakan Hari Sumpah Pemuda. Sebenarnya , apa sih makna dari sumpah pemuda itu ? maka dari itu saya akan menyampaikan hal tersebut kepada pembaca sekalian.



 






Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Isi dari sumpah pemuda bisa kita lihat dibawah ini :
Sumpah Pemuda versi original :
Soempah Pemoeda
Pertama :
-Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa :
-Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga :
-Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda versi  EYD :

Sumpah Pemuda
Pertama :
-Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua :
-Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga :
-Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dari sini kita bisa menarik makna sumpah pemuda ini ialah kita sebagai putra dan putri serta masyarakat Indonesia harus selalu menjunjung tinggi bangsa Indonesia ini. Karena para pahlawan yang bersusah payah memerdekkan negara yang kita junjung ini. Selain itu, kita harus menjadi generasi penerus bangsa yang baik yang selalu cinta terhadap tanah air tercinta, berbahasa yang satu meskipun kita ketahui bahwa negara Indonesia ini memiliki berbagai macam suku yang 99,99% memiliki bahasa suku masing masing dan mengakui bahwa bangsa Indonesia ini sebagai negara tempat dimana kita lahir dan memijakkan kaki di bumi indah nan pertiwi ini. Jadi, untuk para pembaca sekalian, jangan meremehkan hari sumpah pemuda ini. Karna apa ? karena dengan kita menanamkan rasa cinta tanah air, berbangsa Indonesia yang satu serta berbahasa Indonesia dengan baik, maka jiwa nasionalisme dan patriotisme kita akan bangkit untuk menjadi generasi muda yang berpengalaman. Selain itu, dengan menjunjung tinggi negara bisa menjadikan motivasi untuk terus bersatu dalam berkerja sama tanpa mengenal perbedaan diantara kita semua.

Mungkin sekian dari saya tentang makna dari sumpah pemuda ini. Semoga para pembaca sekalian bisa mengambil manfaat setelah membaca. Bila ada kekurangan dalam penulisan mohon dimaafkan. Terima Kaasih banyak ^o^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar